UPAYA MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS MATERI PERISTIWA PROKLAMASI KELAS V MELALUI COOPERATIVE LEARNING MODEL STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) DI SEKOLAH DASAR PROKETEN YOGYAKARTA


UPAYA MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS MATERI PERISTIWA PROKLAMASI KELAS V MELALUI COOPERATIVE LEARNING MODEL STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT
DIVISIONS (STAD) DI SEKOLAH DASAR PROKETEN
YOGYAKARTA
Oleh : Aprilia Ismiati

ABSTRAK
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran IPS materi peristiwa proklamasi kelas V dalam melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD ( Students Team – Achievement Divisions) di SD Proketen Yogyakarta.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dimana peneliti bekerjasama dengan guru kelas V SD Negeri Proketen, sebagai pelaksana tindakan. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Proketen yang berjumlah 21 siswa terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi dan tes. Metode observasi (pengamatan) dilakukan untuk mengetahui peningkatan kualitas pembelajaran IPS yang berupa kerjasama dalam belajar kelompok. Tes dilakukan pada setiap akhir siklus untuk mengukur sejauh mana tingkat hasil belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan dengan teknik kolaborasi. Pada setiap akhir siklus dilakukan refleksi dengan kolaborator dan dosen pembimbing. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode cooperative learning model STAD dalam pembelajaran IPS dapat meningkatkan kualitas pembelajaran kelas V SD Proketen. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan aktivitas kerjasama dalam belajar kelompok yang menunjukkan pada akhir siklus II semua kelompok mempunyai kerjasama yang sangat baik. Dengan adanya peningkatan kerjasama dalam kelompok, hasil belajar siswa dari rata-rata kelas 56,9 pada siklus I meningkat menjadi 62,4 dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 78,7 sehingga KKM yang ditentukan dapat tercapai.
Kata kunci: cooperative learning model STAD, kualitas pembelajaran IPS

Kami tidak mendukung upaya Plagiat, kami hanya ingin membantu kesulitan yang anda alami.

Jika anda membutuhkan skripsi tersebut kirim email ke skripsi22@yahoo.com dengan format

#Nama#Judul Skripsi yang diinginkan#email pemesan#

Pos ini dipublikasikan di Skripsi dan tag , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s